Senin, 17 September 2007

KEGIATAN BELAJAR DI BULAN RAMADHAN

Marhaban yaa ramadhan .. ! kalimat itu sering dikumandangkan dan ditampilkan dalam berbagai media. Maksudnya tiada lain untuk mengingatkan kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat serta mukminin dan mukminat, bahwa bulan ramadhan telah tiba. Kalimat tersebut mengajak kepada kaum muslim untuk melakukan ibadah puasa serta meningkatkan ibadah-ibadah lainnya dengan mengharap rido Allah. Sebab di bulan inilah Allah akan melipat gandakan pahala setiap ibadah yang dilaksanakan dengan ikhlas.

Bobot kegiatan berkurang

Adanya bulan ramadhan bukan berarti kegiatan atau aktifitas setiap orang harus dikurangi apalagi dihilangkan. Berpuasa di bulan ramadhan adalah ibadah yang wajib hukumnya bagi kaum muslim. Ibdah lainnya pun tetap harus dijalankan, seperti mencari nafkah, mencari ilmu dan lain-liannya dapat bernilai ibadah bila dilaksanakan dengan ikhlas. Seperti kjuga kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 Klari tetap berjalan sebagai mana biasanya. Namun bobot jam pelajaranya dikurangi. Klau dihari-hari biasa 1 jam pelajaran berbobot 40 m3nit, maka di bulan ramadhan ini menjadi 25 menit.

Proses belajar mengajar dilaksanakan mulai dari jam 07.30 sedangkan biasanya di mulai jam 07.00. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk tidak tergesa-gesa berangkat ke sekolah setelah semalaman dan dari subuh mengikuti berbagai kegiatan ibadah di rumah dan lingkungannya. Kegiatan terssebut setiap hari diawali dengan Kegiatan Pembiasaan berupa Cerramah keagamaan dan pembacaan ayat suci al' Qur-an sebagai usaha meningkatkan ketaqwaan kepada Tuha Yang Maha Esa. Kemudian Kegitan belajara mengajar berakhir sekitar jam 11 siang. Masih ada waktu luang untuk siswa untuk melaksanakan shalat berjamaah tepat pada waktunya.

Kegiatan lain

Dalam bulan ramadhan tahun ini, SMP Negeri Klari tidak hanya melaksanakan KBM, ada kegiatan lain yaitu Ualnmgan Umum tengah semester (midsemesteran) dan kegiatan pesantren kilat (kilatan). Kegiatan Midsemesteran dilaksanakan pada minggu kedua, sedangkan pesantren kilat dilaksanakan pada minggu ketiga. sebagai penutup kegiatan di bulan ramadhan. Pesertanya diatur secara bergilir. Setiap hari hanya diikuti oleh 6 kelas, yaitu kelas 9, kelas 8 dan kelas 7 masing-masing 2 kelas. Kegiatan ini diharapkan dapat mempertebal keyakinan dan meningkatkan kualitas ibadah para siswa maupun para guru.

Berpuasa di bulan ramadhan memang menguras tenaga dan pikiran, namun memiliki nilai ibadah yang sangat berharga bagi yang melaksanakannya. Ibadah di bulan ramadhan tidak harus mengorbankan kegiatan lainnya.Apabila dilaksanakan dengan penuh keimanan dan keikhlasana insya Allah, tidak ada satupun hal yang berkurang atau hilang dari kita. Amiiin...!

6 komentar:

Eka 9F mengatakan...

SMPN SN 1 Klari adalah sekolah impian saya... Semoga SMPN SN 1 Klari semakin sukses dan maju...
Dari: Eka 9F (Alumni 2008)

Lydia Callysta mengatakan...

Cayo Saklar!
Ganbatte kudasai!
Ngomong2 kok isinya ini2 aja??

-Maulydia 8F 2008.2009-

Unknown mengatakan...

Coba dong adain reuni akbar buat alumni SMPN 1 Klari !!!
Biar jaringan komunikasinya tambah soLid .....
eh buat temen2 aloemni
Gabung dong di bLoggnya Aloemni SMPN Saklar
ini alamatnya
http://aloemnisaklar.blogspot.com
awas klo ga !!!

Mohammad Diro Masbang (iyonk)
ALomeni 2003

Lydia Callysta mengatakan...

Saklar situs resminya ini y?

kok gak pernah di update sih?

Jtx_ALthafunnisa mengatakan...

hhheeeuuummmzzzzzzzz,,
iah,,,v inged pz ptma mzuk sxlar...krx wda bda beudttt...muga bsa go internasional scara kualitas dan kuantitas d...

Tri Asti Anggita mengatakan...

mohon dukungan untuk setiap kegiatan yang ada disekolah,
baik intrakulikuler,
ataupun ekstrakulikuler